Unsalted butter digunakan untuk apa?

Unsalted butter digunakan untuk apa? Ya digunakan seperti layaknya kita menggunakan butter pada umumnya aja, bisa untuk bahan kue, untuk memasak, untuk olesan kue dan roti, dan lain lain.

Unsalted butter digunakan untuk apa?
Gambar ilustrasi: Unsalted butter
Image credit: Title: Butter by Congerdesign, image source: pixabay.com/id/photos/mentega-mentega-yang-baik-lemak-3411126/

Unsalted butter itu adalah mentega tawar, alias mentega tidak asin, atau anggap saja sebagai mentega dalam bentuknya yang paling murni. Untuk masalah rasa unsalted butter disebut terasa lebih fresh, dan memiliki rasa manis yang lebih lembut daripada mentega asin.

Tapi meski begitu ada hal lain yang mesti juga sobat tahu juga, yaitu bahwa mentega tawar atau unsalted butter memiliki waktu simpan yang jauh lebih pendek dibandingkan salted butter.

Alasannya adalah, karena garam pada mentega selain memberi rasa, juga sebenarnya berfungsi untuk mengawetkan mentega agar memiliki umur simpan yang lebih lama. Itulah kenapa umur salted butter atau mentega asin mempunya umur simpan yang lebih lama dibandingkan unsalted butter.

Penggunaan Unsalted butter untuk apa saja?

Mentega asin memang lebih disukai karena rasanya yang lebih gurih. Tapi tidak hanya itu, karena salted butter memang lebih mudah ditemukan daripada unsalted butter.

Meski begitu bukan berarti unsalted butter atau mentega tawar tidak memiliki banyak manfaat, jadi kalau sobat penasaran unsalted butter digunakan untuk apa saja, berikut infonya.

Unslated Butter untuk Masakan & Makanan

Penggunaan mentega tawar atau unsalted butter mempermudah kita untuk mengontrol jumlah garam yang kita gunakan/tambahkan pada resep yang sedang kita buat. Hal tersebut sangat penting supaya konsistensi rasa dari resep yang kita buat tetap terjaga.

Kita tahu bahwa mungkin saja masing-masing perusahaan pembuat mentega akan menambahkan jumlah garam yang berbeda kedalam produk mentega yang mereka produksi. Akibatnya terkadang kita tidak tahu atau lupa seberapa asin mentega yang sedang kita gunakan, sehingga bisa berakibat tidak konsistennya rasa dari makanan yang kita buat.

Manfaat Mentega tawar untuk kesehatan.

Seperti gula, asupan garam juga harus dipantau saat menua. Ini karena asupan garam dalam jumlah besar dapat menyebabkan beberapa masalah kardiovaskular yang serius, dan juga dapat menyebabkan hipertensi.

Jadi untuk Anda yang harus membatasi kandungan garam yang dikonsumsi maka unsalted butter bisa menjadi solusi karena Anda tetap bisa makan enak tanpa perlu khawatir kandungan garamnya.

Begitu juga untuk Anda yang sedang diet. Biasanya mereka yang diet, mereka akan membatasi juga kandungan garam yang dikonsumsi, jadi mentega tawar ini bisa menjadi jawabannya.

Nah sekarang sudah tahukan unsalted butter itu digunakan untuk apa dan apa saja manfaatnya. Jadi meski umur penyimpanan mentega tawar lebih pendek dibandingkan dengan mentega asin, tapi hal ini jangan dianggap sebagai kekurangan karena mentega tawar lebih bermanfaat bagi kesehatan.