Unsalted butter apa artinya?

Unsalted butter apa artinya? Unsalted artinya tanpa garam, sedangkan butter adalah nama lain dari mentega. Jadi unsalted butter artinya adalah mentega tawar, atau mentega tidak asin, atau mentega murni tanpa tambahan garam.

Unslated butter
Butter
Image credit: Title: Butter by rodeopix, image source: pixabay.com/id/photos/makanan-mentega-tabel-susu-3179853/

Selain memberi rasa pada mentega, sebenarnya garam juga digunakan untuk mengawetkan mentega agar memiliki umur simpan yang lebih lama. Itulah kenapa umur salted butter atau mentega asin mempunya umur simpan yang lebih lama dibandingkan unsalted butter.

Meski begitu, lamanya umur penyimpanan sebuah produk mentega mungkin bisa berbeda-beda antara satu brand dengan brand lainnya. Hal tersebut tergantung dari bagaimana produk tersebut dibuat, dan zat-zat tambahan apa saja yang ditambahkan pada proses pembuatannya.

Manfaat Penggunaan Unsalted butter

Umumnya mentega asin memang paling disukai dan dipilih oleh konsumen. Satu-satunya alasan di balik popularitasnya adalah rasanya. Meski begitu bukan berarti unsalted butter atau mentega tawar tidak memiliki banyak manfaat. Nah berikut ini beberapa manfaat:

Bisa membantu menjaga konsistensi rasa.

Penggunaan mentega tawar atau unsalted butter mempermudah kita untuk mengontrol jumlah garam yang seharusnya kita gunakan/tambahkan pada resep yang sedang kita buat. Hal tersebut sangat penting supaya konsistensi rasa dari resep yang kita buat tetap terjaga.

Kita tahu bahwa mungkin saja masing-masing perusahaan pembuat mentega akan menambahkan jumlah garam yang berbeda pula kedalam produk mentega yang mereka produksi. Akibatnya terkadang kita tidak tahu atau lupa seberapa asin mentega yang sedang kita gunakan, sehingga bisa berakibat tidak konsistennya rasa dari makanan yang kita buat.

Mentega tawar memiliki kandungan garam yang rendah sehingga lebih baik bagi kesehatan.

Seperti gula, asupan garam juga harus dipantau saat menua. Ini karena asupan garam dalam jumlah besar dapat menyebabkan beberapa masalah kardiovaskular yang serius, dan juga dapat menyebabkan hipertensi.

Umur penyimpanan mentega tawar memang lebih pendek dibandingkan dengan mentega asin, tapi hal ini jangan dianggap sebagai kekurangan.  Karena mentega tawar diproses tanpa menambahkan apa pun ke dalamnya. Meskipun umur simpannya lebih sedikit, mentega tawar lebih bermanfaat bagi kesehatan kita daripada mentega asin.

Makanan yang mengandung garam seringkali dapat diawetkan selama berhari-hari seperti mentega asin. Tetapi makanan yang diawetkan tidak cukup baik dalam hal manfaat kesehatan.

Nah gimana informasi singkatnya. Sekarang sudah tahukan Unsalted butter apa artinya? Jadi semoga bermanfaat.