Tepung Terigu Protein Sedang – Tepung Serbaguna

Apa itu tepung terigu protein sedang, dan apa bedanya dengan terigu protein tinggi dan protein rendah. Lalu apakah penggunaannya juga berbeda dari ketiga jenis tepung tersebut ?

Tepung protein sedang merk segitiga biru dari Bogasari
Tepung protein sedang merk segitiga biru dari Bogasari

Namun sebelum kita ulas lebih jauh lagi, perlu sahabat ketahui dulu bahwa tepung terigu adalah tepung yang terbuat atau berasal dari hasil gilingan biji gandum (wheat seed).

Nah pada gandum, ada kalisifikasi yang membedakan gandum berdasarkan jenis bijinya. Gandum jenis hard wheat adalah varietas gandum yang menghasilkan tepung protein tinggi, dan soft wheat adalah varietas gandum yang menghasilkan tepung protein rendah. Lalu bagaimana dengan tepung protein sedang.

Tepung terigu protein sedang bisa didapat dari jenis gandum medium-hard wheat, atau bisa juga didapat dari hasil campuran tepung terigu protein tinggi dan protein rendah.

Apa Itu Tepung Terigu Protein Sedang ?

Tepung terigu protein sedang adalah tepung yang memiliki kandungan gluten dikisaran medium, yaitu kisaran 10% – 12.5%. Tepung jenis ini dikenal dengan dengan istilah tepung serbaguna, dan biasanya lebih sering digunakan untuk membuat aneka kue bolu dan cake.

Seperti yang sudah kita jelaskan diartikel sebelumnya, istilah protein pada tepung sebenarnya merujuk kepada yang namanya GLUTEN.

Gluten adalah sejenis protein yang tak larut dalam air, yang secara alami terkandung di hampir semua jenis serealia atau biji-bijian. Gluten mempunyai sifat elastis (lentur), sehingga semakin tinggi kandungan gluten pada tepung, maka akan semakin elastis juga tektur adonan yang kita dapat.

Jadi pada saat kita membuat adonan menggunakan tepung yang mengandung gluten, maka pada tepung yang sudah dibasahi, gluten akan mengikat sebagian air dan membentuk struktur seperti kisi-kisi.

Struktur inilah yang akhirnya memerangkap udara yang berasal dari penggunaan ragi, sehingga volume adonan akhirnya bisa mengembang.

Merk tepung protein sedang yang ada dipasaran

Saat ini merk tepung protein sedang yang paling umum dan paling mudah ditemukan adalah merk segitiga biru dari bogasari. Hampir semua warung dan minimarket tempat kita belanja hanya merk segitiga biru yang tersedia, baik itu yang kemasan ataupun yang karungan untuk eceran.

Namun kalau kita mencarinya secara online seperti di tokopedia, shopee, atau bukalapak, ternyata cukup banyak juga merk tepung terigu protein sedang yang bisa kita temukan.

Dari hasil pencarian kita mendapati beberapa merk lainnya, diantaranya seperti: merk Bola salju dari Bungasari, merk Sania dari Wilmar,merk Kompas, dan beberapa lagi merk lainnya.

Harga tepung terigu protein sedang

Untuk harga memang berfariasi, tapi rata-rata harganya ada dikisaran Rp8500  sampai 12.000/kg.

Perbedaan tepung terigu protein rendah sedang dan tinggi

Seperti yang sudah kita ulas sedikit diawal, protein pada tepung sebenarnya merujuk kepada yang namanya GLUTEN. Jadi perbedaan antara tepung protein tinggi, protein sedang, dan rendah adalah perbedaan yang dilihat dari kandungan glutennya.

  • Tepung terigu protein rendah memiliki kandungan gluten sekitar 9% – 10%. Terigu jenis ini paling cocok untuk membuat kue-kue kering karena hasilnya akan lebih renyah
  • Tepung terigu protein sedang memiliki kandungan gluten sekitar 10% – 12.5%. Tepung jenis ini dikenal dengan dengan istilah tepung serbaguna, sangat cocok untuk membuat aneka kue bolu dan cake.
  • Tepung terigu protein tinggi memiliki kandungan gluten sekitar 13% – 14%. Tepung jenis ini paling cocok untuk membuat aneka roti-rotian, mie, kulit martabak telur, dll. Tepung protein tinggi digunakan untuk membuat makanan yang pada awal pembuatannya adonannya perlu didiamkan dulu supaya mengembang, atau memerlukan tektur yang elastis.

(Sumber encyclopedia wikipedia – wheat flour)

Nah gimana, sudah ada sedikit pencerahan bukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua.

3 Comments

error: Content is protected !!