Tepung Maizena Terbuat Dari Apa?

Tepung maizena terbuat dari apa? Jawabannya sudah barang tentu yaa dari jagung donk, lebih tepatnya dari sari pati jagung. Tapi jangan salah looh ya, selain tepung maizena ada juga yang namanya tepung jagung, tapi meski sama-sama terbuat dari jagung tapi keduanya berbeda, nanti akan kita ulas sedikit perbedaannya.

Tepung maizena terbuat dari jagung
Tepung maizena terbuat dari jagung

Maizena biasanya hanya digunakan sebagai bahan untuk pengental atau bahan untuk sirup jagung. Saat dibuat pengental maizena cukup dicampur dengan air (jangan air panas), aduk sampai larut setelah itu tinggal kita campur pada kuah makanan yang ingin kita buat agak kental seperti sup dan saus.

Tepung Mizena Terbuat Dari Pati Jagung

Tepung maizena berasal dari biji jagung, lebih tepatnya berasal dari bagian endosperm biji jagung yang sudah dipisahkan dari kulit ari, lembaga, dan tip cap, kemudian dikeringkan dan digiling sampai halus.

Untuk sobat yang tidak tau apa itu endosperm, jadi endosperm adalah bagian dari biji jagung yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Mungkin bisa dibilang endosperm adalah dagingnya dari biji jagung, bagian inilah yang nantinya diolah dan diproses menjadi tepung, baik itu tepung maizena maupun tepung jagung.

Perbedaan tepung maizena berbeda dengan tepung jagung

Nah sekarang kita akan jelaskan secara singkat saja perbedaan antara tepung maizena dan tepung jagung supaya sahabat di rumah tidak bingung.

Tepung maizena terbuat dari bagian endosperm biji jagung yang sudah dipisahkan dari kulit biji, lembaga, dan tip cap. Bagian endosperm yang sudah bersih tersebut digiling sambil dicampur air kemudian dilakukan penyaringan untuk memisahkan ampasnya.

Nah air ini nantinya akan didiamkan dalam jangka waktu tertentu untuk mengendapkan pati jagungnya. Pati jagung yang sudah mengendap dan masih berbentuk pasta tersebut nantinya akan dipisahkan dari airnya, dikeringkan, lalu diproses lagi dan digiling sampai halus hingga berbentuk tepung maizena seperti yang biasa kita pakai selama ini.

Sedangkan tepung jagung terbuat dari sebagian besar biji jagungnya yang digiling, sehingga warnanya sedikit agak kasar dan agak berwarna kekuningan yang berasal dari kulit jagungnya.

Nah gimana sudah sedikit ada gambarankan, jadi penjelasan singaktnya kurang lebih seperti itu.

error: Content is protected !!