Resep Tumis Kangkung Praktis Enak dan Sedap Ala Rumahan

Sedang cari resep tumis kangkung yang praktis, enak dan sedap untuk menu harian keluarga? Kalau iya, kebetulan banget neh kita ada beberapa resep kangkung untuk sahabat semua yang asli enaknya bukan kaleng-kaleng, dan semua resepnya ini sudah kita coba sendiri di dapur kita.

Diantaranya ada tumis kangkung rasa original, selanjutnya ada cah kangkung saus tiram yang enak banget dengan tambahan udang, dan juga ada tumis kangkung tauco yang juga gak akan kalah enaknya.

Oke gak perlu panjang lebar lagi mending sobat langsung saja simak saja resep kita yang pertama yaitu resep tumis kangkung rasa original, jadi siapkan pena dan catat semua bahan-bahannya dan tonton juga video tutorial cara memasak kangkung yang sudah kita sertakan juga diartikel kali ini.

1. Resep Tumis Kangkung Original

Resep Tumis Kangkung
Resep Tumis Kangkung

Untuk resep tumis kangkung bumbu original kita tidak menambahkan bumbu tambahan saus siap pakai, dan hanya menggunakan bumbu dapur saja, meski begitu rasanya tetap enak apalagi kalau rasanya agak lebih pedas dan sedikit manis.

Bahan dan Bumbu Tumis Kangkung

  • 3 ikat kangkung
  • 4 siung bawang merah (diiris)
  • 4 siung bawang putih (diiris)
  • 1 buah cabe merah besar (potong nyerong)
  • ½ butir tomat (potong kecil-kecil)
  • 1 iris jahe ukuran 2 cm
  • ½ sdt garam (secukupnya)
  • ½ sdt gula pasir (secukupnya)
  • Jika ingin tumis kangkung yang kita buat ini rasanya pedas maka kita bisa menambahkan potongan cabe merah keriting 3 buah dan cabe rawit merah 2 atau 3 buah.

Note:

  • Sebelum mulai memasaknya, jangan lupa kangkung yang sudah kita petik-petik dicuci 3x bilasan supaya kotorannya hilang.
  • Supaya sayur kangkungnya tidak asam maka biji tomatnya bisa kita buang, jadi yang dipakai hanya daging tomatnya saja.
  • Untuk penyedap rasa bisa pakai bisa juga tidak, kalau mau bisa tambahkan sedikit saja, tapi kalau tidak juga tidak apa-apa karena tumis kangkungnya tetap enak.

Tahapan pembuatan tumis

  1. Pertama, kita tumis irisan bawang merah dan bawang putihnya sampai layu dan wangi.
  2. Setelah layu dan wangi, selanjutnya kita masukan bahan bumbu yang tersisa yaitu potongan cabe, tomat dan irisan jahe, lalu aduk sebentar.
  3. Selanjutnya tinggal kita masukan kangkungnya, lalu kita aduk lagi sampai kangkungnya agak layu.
  4. Setelah kangkungnya agak layu dan turun, langsung kita tambahkan garam kira-kira ½ sdt, lalu gula pasir sebanyak ½ sdt juga, dan air kira-kira 125 sampai 150 ml, lalu aduk rata lagi kemudian tutup dan diamkan selama 4 sampai 5 menitan.
  5. Setelah 4 ~5 menitan, kemduian kita cicipi.
  6. Jika belum pas maka tinggal tambahkan gula dan garamnya lagi sedikit. Lalu jika kangkung masih agak keras dan airnya sudah surut maka tinggal kita tambahkan lagi airnya secukupnya kemudian tutup kembali selama 1 atau 2 menitan.
  7. Sekarang resep tumis kangkung bumbu originalnya sudah matang dan siap untuk disajikan.

2. Cah Kangkung Saus Tiram

Cah kangkung saus tiram
Cah kangkung saus tiram

Nah kalau sebelumnya kita sudah menunjukan resep tumis kangkung rasa originalnya maka sekarang kita tunjukan cara masak kangkung versi lainya, yaitu cah kangkung saus tiram dengan tambahan udang.

Untuk rasanya sobat jangan tanya, rasanya bener-bener luar biasa enak looh. Resep cah kangkung saus tiram ini sudah kita coba juga di dapur kita sebelum artikel ini dimuat.

Jadi bagi yang belum tau, semua gambar, video, dan bahan resep yang kita share di website aneka-masakan ini semuanya adalah resep yang sudah dicoba di dapur kita sendiri.

Bahan Cah Kangkung

  • 3 ikat kangkung
  • 15 buah / 150 g udang (dikupas dan buang kepalanya)
  • 4 siung bawang merah (diiris)
  • 4 siung bawang putih (diiris)
  • 1 buah cabe merah besar (potong nyerong)
  • 4 buah cabe merah keriting (potong nyerong)
  • 2 buah cabe rawit merah (potong nyerong)
  • ½ butir tomat (buang bijinya dan potong kecil-kecil)
  • 1 iris jahe ukuran 2 cm
  • ½ sdt garam (secukupnya)
  • ½ sdt gula pasir (secukupnya)
  • 1 sachet kecil saori saus tiram (23 ml)

Note:

  • Sama seperti persiapan sebelumnya, jangan lupa kangkung yang sudah kita petik-petik dicuci 3x bilasan supaya kotorannya hilang.
  • Buang bagian biji tomatnya supaya rasa cah kangkungnya tdak terasa asam, jadi yang dipakai hanyalah daging tomatnya saja.

Oh iya jika sobat penasaran apa perbedaan tumis kangkung dan cah kangkung maka sobat bisa lihat penjelasannya dibawah.

Cara Mamasak Cah Kangkung

  1. Setelah persiapan semua bahan dan bumbu cah kangkung saus tiramnya selesai, maka kita mulai dengan menumis bawang merah dan bawang putih sampai layu dan harum dengan minyak secukupnya.
  2. Selanjutnya masukan bahan bumbu yang tersisa yaitu, semua potongan cabe, tomat, jahe, lalu tumis sebentar.
  3. Setelah ditumis sebentar kemudian masukan udang, lalu tumis lagi hingga udangnya berwarna kemerahan, baru setelah itu kita masukan 1 sachet saori saus tiramnya lalu aduk-aduk lagi sebentar supaya bumbunya tercampur rata.
  4. Selanjutnya kita tinggal masukan kangkungnya. Masak hingga kangkungnya terlihat agak layu dan turun, baru setelah itu kita tambahkan
    • ¼ sampai ½ sdt garam
    • ½ sdt gula pasir
    • Air 125 sampai 150 ml air, atau kira-kira ½ gelas hingga ¾ gelas, lalu aduk kembali supaya bumbu tercampur rata.
  5. Tutup dan diamkan selama 4 sampai 5 menitan, sambil sesekali kita bisa mengaduknya supaya matangnya merata.
  6. Setelah 4 sampai 5 menitan selanjutnya kita cicipi cah kangkung saus tiramnya, kalau rasanya belum pas maka kita bisa tambahkan sedikit garam dan gulanya kembali.
  7. Setelah rasa sudah pas, kita bisa matikan apinya dan cah kangkung siap kita hidangkan.

Untuk admin pribadi, rasa cah kangkung saus tiram rasanya lebih enak dari pada resep tumis kangkung yang original. Tapi bukan berarti tumis kangkung originalnya rasanya kurang enak looh yaa, yang tumis kangkung tetap enak, cuman yang cah kangkung rasanya lebih nendang aja, mungkin penambahan saus tiram emang bisa memberikan rasa yang lebih enak.


3. Tumis Kangkung Tauco

Tumis Kangkung Tauco
Tumis Kangkung Tauco

Untuk resep tumis kangkung yang ke-3, kita akan menggunakan tauco sebagai tambahan untuk bumbunya, jadi nanti silahkan sobat tinggal dicoba saja semua resep kangkungnya, dan nilai sendiri resep kangkung mana yang paling enak dan cocok dengan seleranya.

Bahan dan Bumbu Tumis Kangkung Tauco

  • 3 ikat kangkung
  • 3 sdm Tauco (secukupnya)
  • 4 siung bawang merah (diiris)
  • 4 siung bawang putih (diiris)
  • 1 buah cabe merah besar (potong nyerong)
  • 4 buah cabe merah keriting (potong nyerong)
  • 2 buah cabe rawit merah (potong nyerong)
  • ½ butir tomat (potong kecil-kecil)
  • 1 iris jahe ukuran 2 ~ 3 cm
  • ½ sdt garam (secukupnya)
  • ½ sdt gula pasir (secukupnya)

Note:

  • Seperti biasa kangkungnya kita cuci dulu setidaknya 3x bilasan supaya kotorannya hilang.
  • Tomat cukup pakai ½ butir saja, dan buang bagian bijinya supaya tumis kangkungya tidak asam.

Cara Memasak Tumis Kangkung Tauco

  1. Hampir sama dengan pembuatan tumis kangkung sebelumnya, yaitu kita tumis irisan bawang merah dan bawang putihnya sampai layu dan wangi.
  2. Setelah layu dan wangi, selanjutnya kita masukan bahan bumbu yang tersisa yaitu potongan cabe, tomat, irisan jahe, dan tidak ketinggalan 2 sampai 3 sdm tauco atau sesuai selera, lalu aduk sebentar.
  3. Sekarang tinggal kita masukan kangkungnya, lalu kita aduk kembali sampai kangkungnya agak layu.
  4. Setelah kangkungnya terlihat turun sekarang kita bisa tambahkan kira-kira ½ sdt garam, ½ sdt gula pasir, dan air kira-kira 125 sampai 150 ml
  5. Aduk kembali, kemudian tutup dan kita diamkan selama 4 sampai 5 menitan.
  6. Setelah 4 atau 5 menitan ditutup sekarang tinggal kita cicipi. Kalau rasanya masih belum pas maka tinggal tambahkan gula dan garamnya lagi sedikit.
  7. Lalu jika kangkungnya masih agak keras dan airnya sudah surut maka tinggal kita tambahkan lagi airnya secukupnya kemudian tutup kembali selama 1 atau 2 menitan.
  8. Sekarang resep tumis kangkung tauconya sudah matang dan siap untuk disajikan.

Gimana semuanya terlihat enak-enak bukan, jadi silahkan dicoba, mau itu yang resep tumis kangkung original, cah kangkung saus tiram atau yang tumis kangkung tauco, semuanya enak kok.


4. Cah Kangkung Telur Puyuh

Untuk resep cah kangkung telur puyuh, resepnya sama seperti resep cah kangkung saus tiram cuman udangnya kita ganti dengan telur puyuh saja. Untuk bahan dan cara pembuatannya sama persis, jadi tinggal diikuti saja resep diatas.

Info Tambahan

Nah setelah nyicipin enaknya aneka resep kangkung yang sudah kita hadirkan maka tak ada salahnya juga kita berikan info tambahan bermanfaat lainnya yang masih berkenaan dengan kangkung.

Perbedaan Tumis Kangkung dan Cah Kangkung

Nah jika sobat ada yang bertanya apa bedanya tumis kangkung dan cah kangkung, maka dari beberapa sumber yang kita baca menerangkan bahwa cah itu sebenarnya masih resep tumisan juga namun dimasak dengan gaya oriental.

Jadi resep cah itu adalah tumisan yang dimasak dengan gaya oriental, yang mana resep oriental itu biasanya menggunakan bumbu tambahan lainnya seperti saus tiram, kecap asin, minyak wijen dan lain-lain.

Selain itu pada resep cah juga biasanya suka ada perpaduan antara sayuran dan protein, seperti ada tambahan bakso, sosis, udang dan lain lain.

Oh iya jangan lupa dicoba juga resep tumisan lainnya yang gak kalah enaknya:

Kandungan Kangkung

Kalau sobat ada yang penasaran apa saja zat yang terkandung dalam kangkung maka berikut ini kita hadirkan infonya, yang kita kutip dari BALISTA – Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran, kementrian Pertanian. (http://balitsa.litbang.pertanian.go.id)

Zat yang terkandung dalam kangkung adalah sebagai berikut :

  • Air, 91.2 g
  • Energi, 28 kcal
  • Energi, 117 kj
  • Protein, 1.9 g
  • Total lemak, 0.4 g
  • Karbohidrat, 5.63 g
  • Serat, 2 g
  • Mineral :
    • Kalsium, Ca, 72 mg
    • Besi, Fe, 0.9 mg
    • Magnesium, Mg, 18 mg
    • Phospor, P, 28 mg
    • Potassium, K, 228 mg
    • Sodium, Na, 23 mg
    • Seng, Zn, 0.24 mg
    • Tembaga, Cu, 0.156 mg
    • Mangan, Mn, 0.416 mg
    • Selenium, Se, 0.9 mcg
  • Vitamin :
    • Vitamin C, asam ascorbic, 41 mg
    • Niacin, 0.5 mg
    • Asam Pantothenic, 0.049 mg
    • Vitamin B-6, 0.138 mg
    • Folate, 13.3 mcg
    • Vitamin B-12, 0 mcg
    • Vitamin A, IU, 7400 IU,
    • Vitamin A, RE, 740 mcg_RE
    • Vitamin E, 0.85 mg_ATE
  • Lemak :
    • Asam lemak jenuh, saturated, 0.052 g
    • Asam lemak tak jenuh, monounsaturated, 0.03 g
    • Asam lemak tak jenuh, polyunsaturated, 0.193 g

Nah gimana cukup lengkap bukan, jadi semoga resep kangkung yang kita hadirkan disini bermanfaat untuk sobat semua. Tapi tennang saja, kalau nanti kalau ada resep tumis kangkung lainnya, kita akan tambahkan disini atau kita buat di artikel terpisah saja dan linknya kita akan sertakan disini.

error: Content is protected !!