Resep Tahu Walik Sederhana – Renyah & Garing

Resep tahu walik sederhana yang renyah dan garing diluar, tapi kenyal lembut di dalam. Tahu walik adalah jajanan khas Banyuwangi, terbuat dari tahu pong alias tahu kopong yang dibalik, bagian luar jadi didalam dan bagian dalam jadi diluar.

Tahu pong yang sudah dibalik kemudan diberi isian adonan. Adonannya terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu, dan bahan tambahan lainnya seperti daging ayam cincang, ataupun daging udang untuk menambah rasa gurihnya.

Resep tahu walik
Resep tahu walik

Nah rahasia kenapa tahu walik ini bisa sangat renyah dan garing adalah bagian dari dalam isi tahu yang berwarna putih inilah yang saat digoreng dia menjadi garing.

Jadi untuk sahabat semua yang penasaran bagaimana rasa makanan ini, dan ingin coba membuat sendiri resep tahu walik sederhana ini maka tutorial lengkapnya sudah kita hadirkan dibawah ini.

Cara Membuat Tahu Walik

Berikut ini tutorial lengkap cara membuat tahu walik sudah kita hadirkan untuk sahabat semua, mulai dari bahan, tahapan proses pembuatannya, bahkan kita lengkapi juga dengan video proses pembuatan tahu waliknya.

Bahan tahu walik
Bahan tahu walik

♠ Bahan Tahu Walik

Membuat tahu walik itu tidaklah terlalu sulit, dan bahannya pun murah dan sangat mudah kita dapatkan, berikut daftarnya:

  • 150 g Ayam Cincang
  • 150 g Tepung Tapioka
  • 30 g / 2 sdm Tepung terigu
  • 120 ~ 150 ml Air Panas
  • 3 siung Bawang Putih (digoreng sebentar)
  • 2 sdm Bawang Goreng
  • ½ sdt Kaldu Ayama bubuk
  • ½ sdt Garam
  • ¼ sdt Merica/Lada bubuk
  • Tahu Pong secukupnya

♠ Tahapan & proses pembuatan tahu walik

Persiapan bahan yang akan digunakan (video menit 02.20 ~ 03.10)

  1. Sebelum kita mulai membuat isiannya , pertama kita siapkan bahan-bahan yang akan digunakan, diantaranya 150 g daging ayam, kita cincang.
  2. Kemudian tahu pongnya kita potong sedikit lalu kita balik, bagian luar jadi di dalam dan bagian dalam jadi di luar.

Membuat bumbu (video menit 03.13 ~ 03.38)

Untuk bumbu tahu waliknya bahannya tidak terlalu banyak, yaitu cukup haluskan/ulek 3 siung bawang putih yang sudah digoreng sebentar, dan 3 sdm bawang goreng.

Membuat adonan isian tahu walik (video menit 03.40 ~ 05.24)

  1. Campurkan 150 g tepung tapioka, 30 g atau 2 sdm tepung terigu, ½ sdt garam, ½ sdt kaldu ayam bubuk, ½ sdt merica/lada bubuk, bumbu halus yang sebelumnya kita buat
  2. Setelah semua bahan yang kita sebutkan kita masukan dalam wadah, lalu siram atau tambahkan air panas sebanyak 120~150 ml secara bertahap supaya tidak kelembekan, lalu aduk.

Proses pengisian & penggorengan tahu walik (video menit 05.26 ~ 07.05)

  1. Setelah adonan jadi, sekarang tahu pong yang sudah kita balik kita beri isian adonan kira kira sebanyak 1 sdm. Lakukan sampai selesai.
  2. Setelah selesai semua, tinggal kita goreng hingga kuning kecoklatan

Penyajian (video menit 07.05 ~ selesai)

Untuk penyajiannya, tahu walik ini sangat enak disajikan bersama sambal. Seprti sambal kecap ataupun sambal kacang seperti penyajian batagor.

Bahan sambal kecap
Bahan sambal kecap

Untuk membuat sambal kecapnya sangatlah mudah, bahannya antara lain:

  • 3 siung bawang merah
  • cabe rawit hijau & merah secukupnya
  • ± ¼ sdt garam
  • kecap manis secukupnya

Pertama kita potong potong kecil bawang merah dan cabe rawitnya. Jika sudah tempatkan dalam wadah lalu siram dan rendam pakai air panas selama 10 menitan. Fungsinya supaya aroma mentahnya hilang.

Jika sudah 10 menit, kita buang airnya, lalu tambahkan sedikit garam dan kecap manis secukupnya. Setelah itu tambahkan sedikit air hangat, lalu aduk. Sambal kecap sudah siap.

Bagi yang ingin menyajikannya dengan sambel kacang, berikut ini video tutorialnya. Sambal kacang ini sangat cocok untuk bumbu cilok, batagor, termasuk tahu walik.

Nah gimana resepnya, tidak terlalu sulit bukan untuk membuatnya. Semoga resep tahu walik khas banyuwangi yang kita hadiran ini bermanfaat untuk sahabat semua.