Pengganti Tepung Maizena, Apa Tapioka dan Sagu bisa?

Tepung apa yang bisa digunakan sebagai pengganti tepung maizena? Kalau tepung maizenanya hanya digunakan sebagai tambahan untuk pengental kuah sih maka kita bisa menggantinya dengan tepung kanzi atau tapioka, atau bisa juga menggantinya dengan tepung sagu kalao kepepet, tapi tentu dengan takaran yang disesuaikan.

Nah kenapa perlu disesuaikan, jawabannya adalah karena tingkat kekentalan yang dihasilkan akan berbeda, jadi dengan takaran yang sama mungkin tepung sagu akan membuat kuah menjadi sangat kental dibanding tepung tapioka dan maizena.

Tepung maizena
Tepung maizena

Tapioka dan Sagu Pengganti tepung Maizena

Tepung maizena sangat jarang dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat makanan, bukan tidak ada tapi jarang. Umumnya tepung maizena hanya dijadikan sebagai bahan tambahan saja, contohnya adalah untuk bahan pengental kuah atau sup seperti yang sudah kita sebutkan diatas.

Nah karena tepung maizena memang jarang digunakan untuk membuat makanan, jadi kita bahas saja apabila ketiga tepung yang mempunyai kemiripan seperti maizena, tapioka, dan sagu dibuat makanan yang sama akan seperti hasilnya.

Jika ketiga tepung tersebut kita buat menjadi makanan seperti cireng misalnya, maka cireng yang terbuat dari sagu akan sangat kenyal sekali, apalagi kalau sudah dingin cirengnya akan cendrung sangat-sangat alot.

Tapi kalao cireng yang terbuat dari tapioka meski sudah dingin kita masih tetap bisa menikmatinya karena tidak begitu alot. Sedangkan untuk yang maizena tekturnya malah cendrung empuk dan tidak alot alias kurang kenyal.

Jadi kalau diurut dari yang paling kenyal adalah sagu, tapioka, baru maizena, jadi itulah salah satu alasanya kenapa maizena lebih cocok dijadikan untuk pengental kuah.

error: Content is protected !!