Lumpia Basah Bandung – Video Tutorial & Bahan

Lumpia basah bandung merupakan salah satu jajanan khas yang ada di kota Bandung. Jajanan ini merupakan salah satu kuliner favorit dari sekian banyak makanan yang wajib dicoba kalau jalan-jalan ke kota Kembang.

Lumpia basah khas Bandung tidak menggunakan rebung sebagai isiannya, tapi menggunakan bengkuang manis sebagai salah satu bahan utamanya, kemudian ada tauge dan juga telur ayam. Selanjutnya semua bahan dimasak mengunakan bumbu, dan dibungkus menggunakan kulit lumpia yang sudah diolesi perekat yang terbuat dari gula merah.

"Resep

Rasa segar dan enak yang berasal dari isian tauge, telur, bengkuang, serta perekat manis yang berasal dari tepung kanji dan gula merah membuat siapa saja yang mencicipinya pasti akan ketagihan.

Cara Membuat Lumpia Basah Bandung

Nah kalau sahabat mau mencoba membuat sendiri resep lumpia basah khas Bandung ini, berikut bahan bahan yang harus sobat persiapkan.

Bahan lumpia basah

♠ Bahan Isian Lumpia Basah

  • 250 ~ 300 gr Tauge
  • 2 butir Telur Ayam
  • 3 siung Bawang Merah
  • 3 siung Bawang Putih
  • 2 butir Kemiri/Muncang
  • 1 buah Bawang Bombay (optional)
  • ±½ sdt Garam (sesuai selera)
  • ±½ sdt Merica Bubuk
  • ±½ sdt Penyedap Rasa Ayam
  • 3 butir Cabe Rawit Merah

♠ Bahan bengkoang manis & perekat kanji

  • 1 gandu Gula Merah (±70-80gr)
  • Garam secukupnya
  • ±1 sdm Tepung Sagu/Tepung Tapioka
  • 1 buah Bengkuang (±250gr)
  • ± 300 ml Air

♠ Kulit lumpia siap pakai secukupnya untuk penyajian

Tahapan Memasak Lumpia Basah


Untuk membuat lumpia basah ini, pertama-tama sebaiknya kita membuat dahulu bengkoang manis dan perekatnya. Hal ini dikarenakan keduanya memerlukan waktu untuk membuatnya dan tidak bisa dadakan.

Membuat bumbu halus & sambal, dan persiapan bahan lainnya [ video menit 02.09 ~ 04.12 ]

  1. Membuat bumbu halus. Kita haluskan/ulek 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 butir kemiri/muncang, dan ± ¼~½ sdt garam. Setelah halus, lalu kita sisihkan untuk sementara.
  2. Membuat sambal. Kita haluskan juga 3 buah cabe rawit merah untuk tambahan rasa pedasnya. Setelah kita ulek, kita tempatkan dalam wadah lalu beri air sedikit.
  3. Selanjutnya iris 1 buah bawang bombai. Bawang bombay ini sifatnya optional bisa pakai bisa juga tidak.

Membuat bengkoang manis & perekat lumpia – Video [ video menit 04.15 ~ 08.15 ]

  1. Pertama, kita potong potong 250~300gr bengkoang dengan bentuk stik memanjang.
  2. Selanjutnya panaskan air kira-kira 300 ml, lalu lelehkan 70~80 gr gula merah hingga larut.
  3. Setelah gula merah mencair, kemudian pisahkan kira-kira 100 ml atau 1/3 bagian untuk kita jadikan perekat, lalu dinginkan.
  4. Selanjutnya masukan potongan bengkoang kedalam panci yang berisikan sisa cairan gula merah, lalu tambahkan sedikit garam. Setelah itu kita aduk kembali lalu kita diamkan sampai airnya surut, sambil sesekali kita aduk-aduk.
  5. Setelah airnya surut maka bengkoang manisnya sudah jadi. Selanjutnya tempatkan dalam wadah supaya dingin, dan sekrang bengkoang manisnya siap untuk digunakan.
  6. Step selanjutnya adalah membuat cairan perekatnya, jadi air gula merah yang kita pisahkan kita tuang kembali kedalam panci, tapi apinya jangan dulu dinyalakan.
  7. Selanjutnya tambahkan kira-kira 1 sdm tepung sagu atau bisa juga tepung tapioka, lalu aduk-aduk dulu sampai tercampur rata.
  8. Setelah tercampur rata, baru kita nyalakan apinya dan cukup gunakan api kecil.
  9. Aduk terus sampai cairannya menjadi benar-benar mengental, jika sudah mengental lalu kita tempatkan dalam wadah, dan cairan perekatnya sudah siap kita gunakan.

Memasak isian lumpia basah Bandung & penyajian [ video menit 08.19 ~ selesai ]

  1. Setelah semua bahan siap, lalu kita panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu yang tadi sudah kita siapkan.
  2. Setelah minyak mulai panas, langsung kita tumis bawang bombay terlebih dahulu sampai agak layu dan tercium harum.
  3. Setelah wangi lalu masukan bumbu halusnya, kemudian kita tumis juga sampai keluar juga aroma harum dari tumisan bumbunya.
  4. Apabila sudah keluar wangi tumisan bumbunya, selanjutnya kita kepinggirkan bumbunya lalu kita masukan 2 butir telur lalu kita buat telur orak-arik disamping bumbunya.
  5. Setelah telur orak-ariknya cukup matang selanjutnya masukan tauge, lalu semua bahan kita campur dan kita masak bersamaan sambil diaduk aduk. Setelah itu kita beri air sedikit, lalu kita tutup selama ±  3~4 menitan sampai taugenya dirasa matang.
  6. Setelah taugenya dirasa matang lalu kita masukan bengkuang manisnya, lalu aduk sampai tercampur rata.
  7. Setelah tercampur, lalu tambahkan ± ½ sdt kaldu ayam bubuk, ½ sdt merica bubuk, ½ sdt garam (secukupnya), lalu kita aduk kembali sampai bumbu tercampur rata.
  8. Selanjutnya tambahkan ulekan cabai sambal yang sudah kita buat sebelumnya, sesuaikan saja dengan selera masing masing, lalu aduk kembali dan isian lumpia basah Bandung sudah siap kita gunakan.
  9. Sekarang siapkan 2~3 lembar kulit lumpia yang kita jajarkan, lalu olesi dengan perekat gula merahnya.
  10. Lalu tuang isian lumpia secukupnya, kemudian gulung.
  11. Sekarang lumpia basah Bandung sudah siap untuk dinikmati

Gimana mudah bukan, terlebih ada video tutorial cara membuat lumpia basah Bandungnya juga step by step. Semoga tutorial yang kita sampaikan bermanfaat.