Jenis Jenis Tepung Apa Saja? Ini dia info lengkapnya

Jenis-jenis tepung apa saja sih? Kita tau bahwa tepung itu banyak jenisnya, nah karena jenisnya banyak malah sampe-sampe ada tepung yang baru kita dengar namanya dan gak tau peruntukannya untuk apa.

Contohnya admin sendiri, jujur kita baru tau ada tepung yang bernama tepung Tang Mien saat sedang menulis artikel ini. Ternyata tepung tang mien itu adalah tepung yang didapat dari pati gandum, yaa seperti halnya tepung maizena dan tapioka.

Jenis-jenis tepung
Jenis-jenis tepung
Image credit: Image by Hans, image source: pixabay.com/photos/flour-flour-scoop-to-bake-2713990/

Nah didasarkan ketidaktahuan inilah akhirnya kita memutuskan untuk membuat artikel tentang jenis tepung ini, siapa tau ada manfaatnya juga untuk sahabat semua. 

Jenis-Jenis Tepung Dan Kegunaannya

Dibawah ini kita sudah kumpulkan beberapa informasi mengenai jenis-jenis tepung berserta kegunaanya, jadi semoga bermanfaat.

Tepung terigu

Apa ada diantara sobat semua yang tidak tau bahwa terigu itu terbuat dari gandum? Kalau ada berarti kita sama’an. Dari dulu kita sering makan roti tapi taunya roti itu terbuat dari tepung terigu, tapi tidak sadar bahwa terigu itu terbuat dari gandum yang merupakan makanan pokok orang Eropa.

Tepung terigu adalah tepung yang didapat dari penggilingan biji gandum yang sudah dipisahkan dari kulit dan bagian lembaganya. Tepung terigu sendiri terbagi menjadi 3 jenis yang didasarkan akan kandungan proteinnya.

  1. Hard Flour, atau dikenal juga dengan sebutan tepung terigu protein tinggi, ini adalah tepung terigu dengan kandungan protein sekitar 13-14%. Jenis tepung terigu protein digunakan untuk membuat aneka jenis roti dan mie, atau aneka makanan dan kue yang memerlukan terktur elastis ataupun proses pengembangan saat membuatnya.
  2. Medium flour, atau dikenal juga dengan sebutan tepung terigu protein sedang, adalah jenis terigu dengan kandungan protein sebesar 9,5-11%. Tepung jenis ini bisa juga digunakan untuk membuat roti dan mie, tapi lebih sering digunakan untuk membuat aneka jenis cake
  3. Soft flour atau dikenal juga dengan sebutan tepung terigu protein rendah, adalah terigu yang mengandung protein sebesar 7-8,5%. Tepung jenis protein rendah ini sangat cocok  digunakan sebagai bahan pembuatan aneka kue kering dan biscuit karena hasilnya yang renyah.

Tepung Tapioka

Tepung tapioka adalah tepung yang didapat dari sari pati yang diekstrak dari singkong. Jadi singkong yang sudah dikupas dan dicuci selanjutnya diparut atau digiling hingga menjadi bubur, kemudian diperas dan disaring untuk mendapatkan air sari pati singkongnya.

Nah air sari pati ini didiamkan supaya pati singkongnya turun dan mengendap, lalu endapan tapi singkong yang masih berbentuk pasta kemudian dikeringkan lalu digiling sampai didapat tepung tapioka yang halus seperti yang kita gunakan saat ini.

Dalam penggunaanya, tepung tapioka digunakan sebagai bahan untuk membuat aneka makanan yang bertekstur kenyal seperti pempek, siomay, cilok, cireng, kue lapis, bakso, butiran boba, pacar cina, cenil, dan masih banyak makanan lainnya. Atau sering juga digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kerupuk.

Tepung Maizena

Sama seperti tapioka, maizena adalah jenis tepung yang berasal dari pati. Kalau tapioka berasal dari pati singkong, sedangkan maizena berasal dari pati jagung. Jadi lebih tepatnya berasal dari bagian endosperm biji jagung yang sudah dipisahkan dari kulit ari, lembaga, dan tip cap, kemudian dikeringkan dan digiling.

Tapi apakah sobat tahu apa itu endosperm? Jadi endosperm itu bisa dibilang adalah dagingnya dari biji jagung dan mengandung kadar karbohidrat yang tinggi.

Oh iya untuk penggunaanya, maizena lebih sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk mengentalkan kuah atau sup. Caranya cukup larutkan tepung maizena secukupnya dalam air dingin biasa, lalu tuang sedikit demi sedikit kedalam kuah, saus, atau sup sampai didapat kekentalan yang kita inginkan.

Tepung Sagu

Sagu adalah tepung yang berasal dari pati batang pohon sagu. Di Indonesia, sagu adalah salah satu makanan pokok selain nasi dan singkong, khususnya bagi saudara-saudara kita yang ada di Indonesia timur seperti Maluku dan Papua yang mengolah sagu menjadi papeda.

Selain dimasak menjadi papeda, tepung sagu bisa juga digunakan sebagai bahan untuk membuat aneka makanan, seperti cilok dan cireng. Selanjutnya ada kue rangi, sagu batang, ongol-ongol sagu, pacara Cina sagu, lalu ada jajanan tempo dulu yaitu cenil, dan masih banyak lagi.

Nah gimana, sampai sini sudah bertambahkan pengetahuannya mengenai jenis-jenis tepungnya, tapi ini belum selesai, jadi kita lanjut ke jenis tepung selanjutnya.

Tepung Beras

Dari namanya saja seharunya kita sudah tahu bahwa tepung beras itu berasal dari beras yang digiling hingga menjadi tepung halus seperti yang kita gunakan selama ini.

Tepung beras biasa digunakan untuk membuat aneka jenis kue dan cemilan, beberapa contohnya seperti kue naga sari, kue awug, kue putu,cucur,  serabi, lalu jangan lupa peyek juga terbuat dari tepung beras loh, dan ada juga pisang goreng yang menggunakan adonan tepung beras.

Tepung Ketan

Hampir sama dengan tepung beras, kalau tepung ketan itu dibuat dari jenis beras ketan. Kegunaannya sudah pasti digunakan untuk membuat aneka makanan  dan cemilan, namun yang jadi ciri khas makanan yang terbuat dari tepung beras ketan adalah teksturnya yang kenyal.

Beberapa contohnya antara lain seperti kur klepon isi gula merah, kue bugis, candil, jenang sapar, kue onde-onde, dan masih banyak yang lainnya.

Tepung Panir & Tepung Roti

Kedua jenis tepung ini sebenarnya sama, yaitu sama sama terbuat dari bahan roti tawar yang dikeringkan kemudian dihaluskan.

Namun sedikit yang membedakan diantara keduanya adalah, kalau tepung roti berasal dari bagian roti putihnya saja tanpa kulit pinggiran sehingga warna tepung roti terlihat lebih putih atau lebih bersih, namun tektur remahnya lebih kasar dari pada tepung panir.

Sedangkan tepung panir itu berasal dari roti + kulit pinggiran rotinya sehingga warnannya sedikit agak gelap kecoklatan. Untuk tekturnya, tepung panir remahnya lebih lembut dari pada tepung roti.

Tepung Tang Mien / Teng Mien

 Tepung tang mien / teng mien atau wheat starch adalah salah satu jenis tepung yang termasuk kedalam tepung pati sama halnya seperti tepung tapioka dan maizena karena berasal dari pati gandum. Bisa dibilang tepung tang mien adalah proses akhir dari pengolahan tepung terigu.

Jadi gandum yang sudah digiling menjadi tepung terigu kemudian dicampur dengan air hingga didapat endapan. Nah endapan inilah yang disebut pati dan nantinya akan menjadi tepung tang mien.

Tepung tang mien biasanya digunakan untuk membuat aneka hidangan steamed dumplings dan dim sum karena akan menghasilkan kulit yang transparan dibandingkan kulit yang dibuat dari tepung terigu. Sedangkan saat dibuat menjadi bakpao maka bakpao yang dihasilkan akan terlihat lebih putih.

Nah gimana sekarang sudah tahukan jenis jenis tepung itu apa saja, dan ternyata banyak juga yaa nama-nama dan jenis tepung yang masih tidak kita ketahui. Selain dari yang sudah kita berikan informasinya diatas ternyata masih ada loh jenis-jenis tepung lainnya masih belum kita hadirkan informasinya, tapi akan kita tmabahkan dilain waktu.

error: Content is protected !!