Apakah Mentega Bisa Diganti Dengan Margarin?

Apakah mentega bisa diganti dengan margarin? Jawabannya bisa-bisa aja kenapa tidak, karena dalam sejarahnya margarin itu memang dibuat sebagai subtitusi atau pengganti dari mentega.

Margarine bisa digunakan sebagai pengganti mentega
Margarine bisa digunakan sebagai pengganti mentega
Image credit: Title: Bread & Butter by Ronaldo Taveira, image source: https://www.freeimages.com/photo/bread-butter-1564318

Dalam penggunaannya, baik mentega ataupun margarin keduanya mempunyai fungsi yang bisa dibilang sama. Keduanya biasa digunakan sebagai olesan untuk roti atau kue, bisa untuk menumis, memanggang, dan juga sebagai bahan untuk membuat kue ataupun roti.

Sedangkan untuk perbedaan antara mentega dan margarin yang paling pasti adalah bahan yang digunakan untuk membuatnya dan juga proses pembuatannya.

Mentega termasuk kedalam dairy product atau sebuah produk dihasilkan dari hasil olahan susu, karena terbuat dari komponen lemak ( butterfat ) yang terdapat pada susu atau cream. Sedangkan margarin adalah non-dairy product atau produk non-susu karena dibuat dari minyak nabati.

Salah satu contoh penggunaan mentega bisa diganti dengan margarin adalah pada olesan martabak. Martabak terkenal dan harganya mahal biasanya menggunakan mentega/butter supaya aroma martabaknya menjadi wangi yang khas.

Sedangkan untuk martabak yang harganya terjangkau umumnya menggunakan margarin untuk olesannya. Meskipun begitu baik martabak yang menggunakan mentega ataupun margarin rasanya tetaplah enak.

Lebih Sehat Mana, Mentega atau Margarin ?

Menurut info yang kita dapat dari mayoclinic.org, margarine lebih sehat dibandingkan mentega atau butter dalam hal kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan margarin terbuat dari minyak nabati sehingga dalam margarin terkandung lemak baik tak jenuh – lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal.

Jenis lemak tersebut membantu mengurangi low-density lipoprotein (LDL), atau dikenal sebagai kolesterol jahat karena memiliki pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan jika kadarnya melebihi batas normal.

Karena minyak nabati berbentuk cair pada suhu kamar, maka para ilmuwan makanan mengubah struktur kimianya untuk menjadikannya padat seperti mentega. Selama beberapa dekade terakhir, hidrogenasi adalah proses yang digunakan untuk mengeraskan minyak nabati untuk membuatnya menjadi margarin.

Nah gimana sudah ada gambarannya sedikitkan. Jadi apakah mentega bisa diganti dengan margarin? Jawabannya bisa. margarin itu bisa digunakan untuk menggantikan mentega karena dalam sejarahnya margarin memang dibuat sebagai subtitusi dari mentega atau butter.