Apa Itu Tepung Tapioka?

Apa itu tepung tapioka? Tepung tapioka adalah tepung yang berasal dari sari pati yang diekstrak dari umbi singkong. Tepung tapioka juga mempunyai nama sebutan lain yaitu tepung kanji, dan kalau kita orang Sunda biasa menyebutnya dengan nama aci sampeu.

Apa itu tepung tapioka
Tepung tapioka

Tepung tapioka selain digunakan sebagai bahan utama dalam membuat sebuah makanan, juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk menambah tekstur kenyal, sebagai pengental makanan berkuah, dan juga bisa dijadikan sebagai bahan perekat seperti saat membuat lumpia basah.

Contoh makanan yang menggunakan tapioka sebagai bahannya adalah seperti: aneka jenis kerupuk, pempek, siomay, cilok, cireng, kue lapis, bakso, butiran boba, pacar cina, cenil, dan masih banyak makanan lainnya.

Bagaimana Tepung Tapioka Dibuat

Seperti yang sudah kita infokan sedikit diawal tentang apa itu tepung tapioka, jadi tepung tapioka itu adalah tepung yang didapat dari sari pati yang diekstrak dari singkong, yang dikenal juga dengan sebutan ketela pohon dan ubi kayu.

Nah untuk mendapatkan sari pati singkong hingga menjadi bentuk tepung siap pakai tersebut tentu ada tahap-tahapannya, dan secara garis besar tahapan atau proses pembuatan tepung tapioka bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

Proses pembuatan tepung tapioka
Proses pembuatan tepung tapioka

Proses pembuatan tepung tapioka dimulai dengan proses pengupasan dan pencucian umbi singkong. Selanjutnya singkong diparut atau digiling supaya menjadi bubur umbi sebelum akhirnya dipress atau diperas untuk mendapatkan air sari pati singkongnya.

Air sari pati tersebut kemudian didiamkan supaya pati singkongnya mengendap, dan akhirnya didapatlah pati singkong yang masih dalam bentuk pasta. Pasta pati singkong tersebut selanjutnya dikeringkan kemudian digiling sampai didapat tepung tapioka yang halus seperti yang kita gunakan saat ini.

Kandungan Gizi Pada Tepung Tapioka

Selain nasi, singkong adalah salah satu bahan makanan pokoknya orang Indonesia, bersama dengan sagu dan juga jagung. Bahan makanan tersebut kaya akan kandungan sumber energi utama untuk tubuh yaitu karbohidrat.

Kandungan karbohidrat pada tepung tapioka bisa mencapai 85% lebih, dengan kadar protein dan lemak jenuh yang rendah. Serta kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tidaklah signifikan hingga nyaris 0%.

Terkecuali jika tepung tapioka tersebut dijual dalam bentuk kemasan yang mungkin saja saat produksinya ditambahkan zat-zat bermanfaat yang diijinkan sehingga menghasilkan tepung tapioka yang lebih sehat.

Perbedaan tepung tapioka dengan tepung maizena?

Untuk yang sering berada di dapur tentu akan sangat mudah menjawab pertanyaan yang satu ini. Perbedaan tepung tapioka dan maizena adalah sudah jelas kalau tepung tapioka berasal dari sari pati singkong, sedangkan tepung maizena berasal dari sari pati jagung.

Perbedaan tepung tapioka dengan sagu?

Berbeda dengan tepung tapioka dan maizena yang berasal dari umbi dan biji, tepung sagu justru berasal dari batang pohonnya, yaitu pohon sagu.

error: Content is protected !!