Apa fungsi margarin? Ini dia Infonya

Apa fungsi margarin? Fungsi margarin tentu saja banyak dan pasti berkaitan dengan makanan. Penggunaan margarin tidak jauh berbeda dengan penggunaan mentega, karena pada dasarnya margarin itu dibuat sebagai pengganti dari mentega.

apa fungsi margarin
Margarin pengganti mentega
Image credit: Title: Breas and butter by Bruno Neves, image source: www.freeimages.com/photo/bread-2-1328172

Sejarah singkat awal mula kemunculan margarin berawal dari tantangan Kaisar Napoleon III dari Prancis, yang menawarkan hadiah kepada siapa saja yang dapat membuat alternatif dari mentega yang semirip mungkin, dan cocok untuk digunakan oleh militer dan orang miskin.

Hingga pada akhirnya seorang ahli kimia Prancis bernama Hippolyte Mège-Mouriès menemukan zat yang disebut oleomargarine, yang kemudian disingkat menjadi nama dagang margarin.

Hippolyte Mège-Mouriès - Penemu Margarin
Hippolyte Mège-Mouriès – Penemu Margarin

Mège-Mouriès mematenkan konsep tersebut pada tahun 1869 dan memperluas operasi manufaktur awalnya dari Prancis, tetapi usaha tersebut tidak terlalu berhasil secara komersial. Pada tahun 1871, ia menjual patennya kepada perusahaan Belanda Jurgens, yang sekarang menjadi bagian dari Unilever.

Nah gimana, setelah membaca sejarah singkat mengenai margarin maka sudah sedikit tahu bukan apa fungsi margarin sebenarnya, jadi sekarang kita langsung hadirkan beberapa fungsi dari margarin dikehidupan kita sehari-hari.

Apa Saja Fungsi Margarin?

  1. Sebagai Bahan Kue. Saat kita membuat kue sudah sudah pasti kita membutuhkan margarin sebagai salah satu bahan utama saat pembuatan kue. Margarin berfungsi sebagai lemak yang akan membuat tektur kue menjadi lembut dan tidak keras, memberi rasa dan aroma wangi, gurih, dan masih banyak lagi manfaatnya.
  2. Sebagai Olesan Roti dan Kue. Margarin juga berfungsi sebagai spreads, yaitu bahan makanan yang dioleskan untuk roti ataupun kue. Margarin biasanya dioleskan ke makanan yang terasa hambar untuk meningkatkan rasa atau tekstur makanan tersebut.
  3. Untuk Memanggang. Pernah memanggang daging ayam atau jagung saat pergantian tahun. Nah pasti saat bakar ayam dan jagung tersebut kita pasti mengoleskan margarin ataupun mentega supaya hasil panggangnnya menjadi lebih enak dan gurih.
  4. Untuk menumis. Terkadang saat kita menumis, kita sering pula mengganti minyak goreng menggunakan margarin. Hasil tumisan menggunakan margarin memang terasa lebih wangi dan juga gurih.

Nah gimana, sekarang sudah tahukan apa saja fungsi margarin dalam penggunaannya dikeseharian kita.